Sunday, January 15, 2006
Wanita Istimewa
Tulisan ini saya tulis berdasarkan rasa kagum terhadap teman-teman cewek di Jogja. Setiap karakter memang berbeda-beda, tapi semuanya istimewa.

Berprinsip
Saya punya temen cewek, adik angkatan, kebetulan satu kampus di Jogja. Anaknya gak suka nyontek. Konon katanya sih, sejak smp dia pantang banget nyontek.

Bahkan ceritanya dia sampai sempet gak disukai anak sekelas gara-gara prinsipnya itu(kadang menegakkan kebenaran memang susah ya..). Tapi lama-kelamaan jadi biasa kok.

Apalagi waktu dia cerita ke saya (curhat boo..ceilee..) untuk melakukan sesuatu harus serius, jangan setengah-setengah. Nyontek adalah wujud dari males, kalo kebiasaan males ntar gede nya jadi apa coba?! Deg!, saya sempat terhenyak sesaat, malu juga, padahal selama ini kerjaan nyontek mulu..ee sekarang malah dinasehatin ama adik kelas.

Saya kagum banget dengan sifatnya, berprinsip. Dia tidak mudah tergoyahkan dengan kata-kata orang lain. Apalagi anaknya pinter masak, waah..benar-benar cocok deh jadi calon ibu rumah tangga yang ideal..

Penuh Inovasi, mandiri, tidak manja
Kebetulan saya punya temen yang mewakili sifat diatas (sempet PeDeKaTe juga loh..). Anaknya berdomisili di Jogja juga, tapi kemaren satu Sekolahan di SOLO.

Yang membuat saya angkat topi, sifatnya gak manja, benar-benar mandiri dan gak pingin nyusahin orang lain. Jadi memang kalo pertama kali kenal, kayaknya anaknya keras, kalo udah punya rencana, pokoknya harus dijalanin!

Dia pernah punya rencana jualan parsel lebaran, dalam hati sih saya gak yakin rencana bakal berhasil, apalagi saingannya udah banyak, lagian dah punya link belum?!. Selang beberapa minggu kemudian, tiba-tiba dia nge-SMS "pingin pesan parsel gak?" Wah kaget banget, akhirnya saya datengi ke kos-nya..wuih ternyata lagi sibuk muterin Jogja, buat promosi ama nganterin parsel kepelanggan!

Bayangin aja; cewek,mau muter-muter nganter parsel pake motor, sendirian, bulan puasa lagi!
Ugh! Lagi-lagi rasanya saya kalah, saya sendiri aja pasti males banget kalo disuruh muter-muter Jogja, bawa parsel berat-berat, mana bulan puasa, mending tidur di kamar.

Selama ini kalo saya ketemu dia, anaknya jarang banget mengeluh, padahal kelihatan pekerjaannya numpuk-numpuk. Tapi dia tetap berusaha, pokoknya maju terus pantang mundur!

malahan dia sering saya jadikan sebagai pemacu semangat, jadi kalo sedang down atau males, tinggal pikirin dia aja (ceilee..) ntar pasti semangat lagi!hehehe..

Manja, tapi Suka Berusaha
Contohnya temen juga, bukan asli Jogja sih, perantauan dari negri Kalimantan.
Kalo pertama kali kenalan, memang kesannya anaknya manja banget. seakan-akan dia gak bisa apa-apa, harus kita tolongin terus. Anaknya sih manis banget, sebenarnya saya gak keberatan kalo manja.

Ternyata dugaan saya salah, dua hari yang lalu saya main kekosnya, terus kita cerita banyak.
Ketika saya tanya "besok cita-citanya pingin jadi apa?",
jawabnya "pingin jadi pengusaha!",
eh!rada kaget juga. Penasaran,saya tanya lagi "Loh kamu memangnya sekarang udah punya usaha apa?"
"Oh sekarang lagi bantuin Bapak, bisnis buku, jadi aku suka nyari buku murah di Jogja, terus aku kirim ke Kalimantan"
"Loh kamu nyarinya sama siapa?"
"Ya sendirilah, biasanya sih suka meter-muter di shopping Jogja, ato nyari penerbit yang mau ngasih diskon.."
"transaksinya sih kadang bisa 15-20 juta.."sambungnya..

Saya hanya bisa terdiam, ternyata dibalik kelembutan dan sifat manjanya, dia memiliki keistimewaan. Dia tidak mau tergantung pada orang lain, usaha sendiri ya harus dikerjakan sendiri.

Kesimpulan
Sebenarnya masih banyak temen-temen cewek yang lain, masing-masing juga memiliki keistimewaan. mungkin lain kali saya sambung.

Sudah sepantasnya wanita tidak dipandang sebelah mata, disamping sifat mereka yang lemah lembut ternyata didalamnya tersimpan ketegaran dan keteguhan hati. Kadang kamu pria patut belajar dari mereka.

3 Comments:
  • At 4:25 PM, Blogger hotma said…

    wahhhhhhhhh... banyak wanita2 hebat di luar sana yah :D gogogo girl!

     
  • At 9:18 PM, Blogger agung said…

    tuh.... cewek yang loe incer aja ga' pengen nyontek. saatnya mandiri mas. berusaha dengan keringat sendiri akan jauh lebih berharga dari pada sekedar mencontek.

     
  • At 7:09 PM, Anonymous Anonymous said…

    setuju banget....sapa bilang wanita itu lemah? Dibalik kelembutannya, tersimpan kekuatan yang luarrrr biasa ;).

     
Post a Comment
<< Home
 

Anda Pengunjung ke:

About Me

Manda, seorang mahasiswa yang "masih bodoh", "bau kencur", "gak peka.." terhadap lingkungannya. Mencoba belajar memahami yang terjadi disekelilingnya -di kota Jogja- , dengan menuliskan apa yang diamatinya kesebuah reportase kecil pribadi. Disertai dengan sedikit opini dan harapan terhadap Jogja...

Previous Post
Archives
Friends Blogs
Meet The Master
Search Engine Optimization